Sunday 19 April 2020

Materi tgl 20 april 2020
Sumber : Buku guru kls X pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

Aspek Trigatra dan Pancagatra Dalam Wawasan Nusantara
1. Aspek Trigatra Wawasan Nusantara
A.  Letak dan bentuk geografis
Indonesia terletak pada 6 LU - 11 LS, 95 BT - 141 BT, yang di tengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.
B.  Keadaan dan kemampuan penduduk
Penduduk ialah semua orang yang menempati suatu daerah tertentu.  Kemmpuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional. Tiga faktor kependudukan uang sangat berpengaruh.
1. Kelahiran (natalitas)
2. Kematian (mortalitas)
3. Perpindahan (migrasi)
C.  Keadaan dan kekayaan alam
Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata.  Sehinggga menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bngsa lain.  Bentuk sumber daya lam ada 2 yaitu :
1. Dapat diperbaharui
2. Tidak dapat diperbaharui
Sumber daya alam harus diolah atau dimanfaatkan dengan prinsip tau asas-asas sebagai berikut.
a.  Asas maksimal
Artinya sumber daya alam yang dikelola atau dimanfaatkan harus betul-betul menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
b.  Asas lestari
Artinya pengolahan sumber daya alam tidak boleh menimbulkan kerusakan lingkungan, menjaga keseimbangan alam.
c.  Asas berdaya saing
Artinya bahwa hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam negara lain.

2. Aspek pancagatra wawasan nusantara
a.  Ideologi
Idiologi suatu negara diartikan sebagai guiding of principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa.  Idiologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Idiologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita citakan serta yang ingin diperjuangkan dalam kehidupan nyata.
b. Politik
Kehidupan politik dapat dibagi kedalam 2 sektor yaitu sektor masyarakat yang memberikan input (masuka)  dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output (keluaran). Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukan kehidupan politik dinegara yang bersangkutan.
c.  Ekonomi
Ekonomi kerakyatan harus menghindari free fight liberalism,  etatisme,  dan tidak dibenarkan adanya monopoli. Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbng dan selaras antar sektor. Pembngunan ekonomi dilaksanakan bersama atas dasar kekeluargaan.
d.  Sosial budaya
Sosial budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamika budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman,  tantangan,  halangan,  dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar,  baik yang langsung maupun tidak langsung,  yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasrkan pancasila dan UUD tahun 1945
e.  Pertahanan dan keamanan
Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamika kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancman, tantangan,  hambatan,  dan gangguan yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan pancasila dan UUD NRI tahun 1945.

106 comments:

  1. Cintari Putria Sitorus X Otkp5

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Eneng Tuti Alawiyah X otkp7

    ReplyDelete
  4. Mahasti putri malika Xotkp6

    ReplyDelete
  5. Anugrah Aldion P kelas X otkp 8

    ReplyDelete
  6. Sekar Amanda Nurhasanah X OTKP 7

    ReplyDelete
  7. Siti dini sadiyah x otkp 4

    ReplyDelete
  8. Bilqis devita sari 10 otjp 6

    ReplyDelete
  9. Fitri permata sari x otkp 7

    ReplyDelete
  10. Neng Resa Ranita Sari X otkp 09

    ReplyDelete