Sunday 26 April 2020

Materi tgl 27 april 2020
Sumber :  buku guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

Peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantra

Wawasan nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan dan tuntutan bagi setiap ondividu bangsa indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bngsa dan negara kesatuan republik indonesia. Implementasi atau penerapan wawasan nusantara tercermin pada pola pikir,pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bngsa dari pada kepentingan pribadi atau golongan.  Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut.
1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciltakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.  Hal tersebut nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat.
2. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan mencoptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.
3. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap bathiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang pencipta.
4. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan Hankam akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara indonesia
5. Dalam pembinaan seleruh aspek kehidupan nasional sebagaimana dijelaskan diatas, implementasi wawasan nusantara harus menjadi nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata diseluruh indonesia. Disamping itu wawasan nusantara dapat diimplementasikan kedalam segenap pranata sosial yang berlaku dimasyarakat dalam nuansa kebhinekaan sehingga menciptakan kehidupan yang toleran, akrab, peduli, hormat, dan taat hukum.
6. Untuk itu agar terketuk hati nurani setiap warga negara indonesia dan sadar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, diperlukan pendekatan dengan program yang teratur,terjadwal, dan terarah.  Hal ini akan mewujudkan keberhasilan implementasi negara kesatuan republik indonesia melalui pengukuhan wawasan nusantara.
Dengan demikian NKRI  dan Wawasan Nusantara merupakan satu paket dalam kehidupan nasional guna mewujudkan ketahanan nasional yang tidak bisa tergantikan dengan yang lainnya.

Tugas : implementasi wawasan nusantra

1. Peran masyarakat di bidang idiologi
Contoh implementasinya : ............................
2. Peran masyarakat di bidang politik.
Contoh implementasinya : ............................
3. Peran masyarakat dibidang ekonomi
Contoh implementasinya : ............................
4. Peran masyarakat dibidang sosial budaya
Contoh implementasinya : ............................
5. Peran masyarakat dibidang pertahanan keamana.
Contoh implementasinya : ............................

91 comments:

  1. Eneng Tuti Alawiyah X otkp7

    ReplyDelete
  2. Sekar Amanda Nurhasanah X OTKP 7

    ReplyDelete
  3. Siti dini sadiyah x otkp 4

    ReplyDelete
  4. Fardhan mufide zaelani X OTKP 5

    ReplyDelete
  5. Muhammad Ledar Dewantara X OTKP4

    ReplyDelete
  6. Mahasti putri malika Xotkp6

    ReplyDelete